Minggu, 19 Februari 2012

Bunda yang Sehat Bunda yang Cerdas



Langsung saja, pada artikel saya kali ini saya akan membahas tentang kesehatan bunda dan sang buah hati. Seperti yang kita ketahui kesehatan anak sangat berpengaruh pada kesehatan bunda, apabila bunda sehat secara mental maupun fisik tentu saja sang anak pun akan demikian, tetapi bagaimana sebaliknya. Nah, maka dari itu saya akan sedikit berbagi informasi kepada bunda bagaimana cara menjaga kesehatan bunda dan sang anak serta apa dampak dari kelalaian bunda tentang kesehatan itu sendiri.

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan bunda mulai dari cara yang tradisional sampai yang modern, tetapi
pada artikel saya ini saya tidak akan membahas tentang kedua hal tersebut melainkan saya akan membahas tentang cara yang sederhana tapi bermanfaat bagi sang bunda. Berikut apa saja yang harus dilakukan oleh bunda untuk menjaga kesehatannya dan sang buah hati:

1. Selalu kontrol kehamilan
Minimalnya setiap sebulan sekali untuk mengecek kondisi buah hati dan bunda. Bila mempunyai keluhan atau mempunyai kekhawatiran apapun terhadap kehamilan yang bunda alami, periksakanlah ke dokter. Walaupun ini belum saatnya, bunda harus kontrol kembali.

2. Konsumsi air putih (mineral)
Air juga dibutuhkan untuk membawa nutrisi dari darah ke janin dalam kandungan, sehingga dibutuhkan sekitar satu gelas air mineral setiap jamnya. Tak heran bila kecukupan minum juga mampu menghindarkan sang bunda dari kemungkinan lahir prematur di semester ketiga kehamilan.

3. Penuhi kebutuhan gizi
Untuk mencukupi kebutuhan ibu dan anak, asupan kalori per hari pada ibu hamil biasanya lebih besar 300 kalori dibanding kebutuhan pada saat tidak hamil. Selain itu, jangan lupa mencukupi kebutuhan berbagai vitamin dan mineral seperti kalsium, zat besi dan folat. Konsumsi makanan yang bervariasi agar kebutuhan akan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat dapat terpenuhi. Selain itu, ibu hamil dianjurkan untuk minum susu (yang diformulasikan khusus untuk masa kehamilan), agar asupan nutrisi dapat lebih terjamin.

4. Hindari asap rokok

bunda yang sering menghirup asap rokok dari orang sekitarnya, misalnya dari suami. Bisa menyebabkan si buah hati lahir dengan berat badan yang kurang, kematian si buah hati dalam kandungan atau si buah hati mudah jatuh sakit atau lambat dalam mempelajari sesuatu nantinya, dapat juga menyebabkan sang bunda mengalami keguguran.

5. Istirahat yang cukup
Tidurlah antara pukul 10 malam dan 6 pagi sesering mungkin. Kurang tidur menyebabkan “gangguan pada fungsi tiroid yang menghadapkan seseorang pada risiko kelebihan berat badan,” menurut The Body Clock Guide to Better Health, oleh Michael Smolensky, Phd., dan Lynne Lamberg. Tidur di tempat yang lebih terang dari kondisi gelap gulita, seperti suasana gua, akan berpotensi menghancurkan fase hormon dan ritme biologis seseorang.

            Selain kelima hal tersebut masih banyak lagi yang harus bunda lakukan seperti mengkonsumsi asam folat, hindari makanan cepat saji, hindari makan gorengan serta tetap beraktifitas dengan porsi yang tidak terlalu diporsir agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan oleh sang bunda dikemudian hari.


Dampak dari Kelalaian Bunda Tentang Kesehatannya
          Ada berbagai macam dampak dari kelalaian bunda tentang kesehatan itu sendiri seperti ketika bunda tidak terlalu peduli akan kesehatannya dan si buah hati. Saya ambil salah satu contohnya dari keluarga saya sendiri yaitu tante saya, pada masa mengandung beliau terlihat begitu sehat dengan berat badan yang bisa dibilang sangat gemuk, tidak ada tanda-tanda yang begitu mengkhawatirkan tentang si buah hati, beliau begitu tenang namun dengan pola makan yang begitu buruk dan mengonsumsi makanan dan minuman yang seharusnya tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Alhasil setelah beliau melahirkan sang buah hatipun terkena imbasnya, si bayi mengalami kelainan yang tidak sewajarnya dialami oleh bayi pada umumnya, “sulit berbicara”  itulah yang dialaminya sampai sekarang, kira-kira usia sibuah hati sekarang adalah 5th. Pada usia tersebut setidaknya  ia bisa mengucapkan ibu atau ayah tetapi kenyataanya ia tidak bisa.

Seorang ibu tentu menginginkan semua bayinya sehat dan lahir dalam kondisi sempurna. Masa kehamilan harus di perhatikan oleh sang ibu. Oleh karena itu kesehatan dalam kandungan sangatlah penting. Ada banyak cara untuk memastikan bahwa bunda dan sang buah hati mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Berikut makanan sehat untuk sang bunda dan si buah hati:

-Telur
            Seorang ahli gizi bernama Elizabeth Ward berkata bahwa telur adalah hal yang menakjubkan, dimana kita bisa mendapatkan banyak manfaat dalam satu butir telur dan itu hanya sekitar 90 kalori. Telur juga kaya akan kolin, yang secara keseluruhan mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, beberapa bahkan mengandung lemak omega-3 yang penting bagi otak dan pengembangan penglihatan.

-Kacang
            Ada begitu banyak pilihan, manfaat kacang bagi ibu hamil sudah tidak diragukan. Dari semua jenis kacang, buncis yang terbaik untuk serat dan protein yang paling banyak dari semua jenis sayuran.

-Ubi Jalar
            Satu pengetahuan baru tentang manfaat ubi jalar bagi bunda, ubi jalar mempunyai warna oranye yang terdiri dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita. Selain itu ubi jalar merupakan sumber vitamin C, folat dan serat.

-Sayuran Daun Berwarna Hijau Tua
            Manfaat sayuran untuk ibu hamil juga sudah tidak diragukan, contohnya sayuran hijau tua seperti bayam, atau sayuran hijau tua lain yang sarat akan vitamin, dan nutrisi, termasuk vitamin A, C dan K. Sayuran juga telah ditemukan untuk meningkatkan kesehatan mata. Serta buah buahan segar sebagai pelengkan tentunya.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa bunda yang sehat adalah bunda yang cerdas, yang peduli akan kesehatannya sendiri serta sang buah hati. Sekian artikel dari saya, semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi banyak bunda yang ada di luar sana, dukung terus kesehatan bunda karena “Kesehatan Bunda Kesehatan Kita”. Saya ucapkan terima kasih.

link : http://nutrisiuntukbangsa.org/blog-writing-competition/

2 komentar:

Kehamilan mengatakan...

Benar sekali, Bunda merupakan tulang punggung sesungguhnya bagi keluarga. Sungguh beliau adalah pahlawan keluarga.

Salam kenal mbak, sukses ya buat Blog Writing competition nya, Btw, saya juga berbagi pengalaman neh yaitu tentang riwayat bunda yang terserang Virus toxoplasma.

Ivan mengatakan...

@Kehamilan setujusekali :) terimakasih atas komentarnya dan salam kenal juga tapi jangan panggil mbak dong, cowo nih..ahahha :D

Posting Komentar